Desapedia

Masukan IRE Yogyakarta untuk Rancangan RPJMN 2020-2024 Bidang Desa dan Kawasan Perdesaan

Foto: Dok. IRE

Yogyakarta, desapedia.id – Pada Rabu (4/12), Institute for Research and Empowerment (IRE) Yogyakarta menyelenggarakan “Lokakarya Nasional Masukan untuk Rancangan RPJM N 2020-2024 Bidang Desa dan Kawasan Perdesaan”.

Lokakarya ini merupakan bagian dari serangkaian diskusi dan dialog di daerah dan nasional yang sudah dilakukan. Dari rangkaian kegiataan tersebut disepakati IRE akan memberikan input terhadap tiga isu penting yang oleh Bappenas dianggap sebagai persoalan strategis yang belum mendapatkan banyak perhatian.

Ketiga isu tersebut adalah Peningkatan Kapasitas SDM Desa, Batas Desa, dan Pendampingan Desa. Dalam lokakarya ini, IRE akan menyiapkan Naskah sanding tematik yang sangat penting disusun untuk memberikan gambaran permasalahan kekinian dan resolusinya atas 3 isu tersebut dari berbagai pihak pemangku kepentingan.

Lokakarya Nasional ini bertujuan, pertama, mendiseminasikan naskah sanding tematik RPJMN 2020-2024 yang sudah disusun oleh Tim IRE. Kedua, menggali masukan untuk memperkaya dan memperkuat gagasan perihal peningkatan kapasitas SDM desa, penataan batas desa dan pendampingan desa.

Ketiga, mengkoordinasikan kerja kolaboratif Tim IRE dengan pemerintah, stakeholders desa, Ormas, dan NGO di tingkat nasional dalam menyusun RPJMN 2020 – 2024. (Red)

Redaksi Desapedia

Tambahkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.