Desapedia

Kunker ke Kalteng, Komite I DPD RI Cek Kesiapan Pilkada Serentak 2020

Ketua Komite I DPD RI, Teras Narang
Ketua Komite I DPD RI, Dr. Agustin Teras Narang

 

Jakarta, desapedia.id – Dalam rangka melihat langsung persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 yang akan datang, Komite I DPD RI melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Selasa (12/11/2019).

Pertemuan yang berlangsung di kantor Gubernur Kalteng ini dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Kalteng, Ketua Bawaslu Provinsi Kalteng, Bupati/Wakil Bupati dan segenap tokoh masyarakat di provinsi Kalteng.

Pada Pilkada Serentak 2020 yang akan datang, Kalteng akan melaksanakan Pilkada di tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota Waringin Timur.

Terkait dengan kesiapan penyelenggaraan, menurut penjelasan Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran, yang dibacakan Asisten II, Drs. H. Nurul Edy, M.Si. bahwa tahapan yang sudah dilaksanakan diantaranya penyusunan program dan tahapan serta sudah dilakukan penandatanganan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) sebesar Rp. 382 Milyar.

“Jadi secara keseluruhan tingkat kesiapan hingga saat ini sudah mencapai 77,5% dari seluruh tahapan Pilkada”, ujar Nurul Edy.

Menanggapi penjelasan dari Pemprov Kalteng tersebut, Ketua Komite I DPD RI yang juga pimpinan rombongan dalam Kunjungan Kerja ini, Dr. Agustin Teras Narang, mengatakan bahwa maksud dan tujuan kunjungan kerja ini adalah untuk mendengar kesiapan Kalteng menghadapi Pilkada 2020, guna memastikan tahapan pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan baik, lancar, aman serta dapat terpilih pimpinan daerah yang visioner dan berintegritas, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Komite I DPD RI sudah meminta kepada DPR untuk melakukan pembenahan Pilkada dalam konteks penguatan otonomi daerah dan pemerintahan daerah. Komite I melakukan hal tersebut guna tercipta harmonisasi dan sinkronisasi dan perimbangan keuangan pusat dan daerah demi terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”, jelas ketua Teras yang juga mantan Gubernur Kalteng.

Dalam sambutan pengantarnya, Teras Narang juga menambahkan, Komite I sesunguhnya sudah berkomunikasi dengan DPR dan Mendagri untuk menginisiasi revisi UU Pilkada dan sejauh ini tanggapannya positif.

Ketua KPU Provinsi Kalteng, Harmain Ibrohim yang juga hadir dalam Kunker Komite I DPD RI tersebut, menyampaikan bahwa sekarang ini KPU Provinsi Kalteng sedang melakukan evaluasi secara menyeluruh dan harapannya ada beberapa hal yang menjadi fokusnya, antara lain Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan e-rekapitulasi.

“Kami di KPU Kalteng berharap kedua hal ini dapat diakomodir dalam revisi UU Pilkada”, ungkap Harmain.

Kunjungan kerja Komite I DPD RI di Kalteng ini dihadiri oleh Ketua Dr. Agustin Teras Narang, SH., Wakil Ketua Komite I, Dr. Abdhul Kholik, SH.,M.Si, beserta 9 anggota yang terdiri dari: Maria Goreti, M.Sos, M.Si (Kalimantan Barat), Habib Abdurrahman Bahasyim, SE., MM., (Kalimantan Selatan), Lily Amelia Salurapa, SE., MM., (Sulawesi Selatan), Dr. Drs. Marthin Billa, MM (Kalimantan Utara), Dr. Richard Hamonangan Pasaribu, B.Sc., M.Sc., (Kepulauan Riau), KH. Amang Syafrudin, Lc., (Jawa Barat), Husain Alting Sjah, SE., MM., (Maluku Utara), Otopianus P. Tebai (Papua), dan Dra.Eni Khairani, M.Si (Bengkulu).   (Red)

 

 

Redaksi Desapedia

Tambahkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.