Desapedia

Komigi Sesalkan Pernyataan Moeldoko Terkait Pemblokiran Internet di Papua Barat

Wakil Ketua Komite I DPD RI, Jacob Esau Komigi (desapedia.id)

Jakarta, desapedia.id – Wakil Ketua Komite I DPD RI yang juga senator asal Provinsi Papua Barat, Jacob Essau Komigi menyesalkan pernyataan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko terkait pemblokiran internet di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Moeldoko, Kamis, pekan lalu, sempat mengungkapkan, tanpa internet masyarakat masih bisa hidup seperti dahulu kala. Bahkan, ketika listrik belum masuk, masyarakat juga bisa menjalankan aktivitas sehari-hari.

“Saya menyesalkan jawaban Pak Moeldoko terkait pemblokiran internet di Papua dan Papua Barat. Kondisi dulu tidak bisa diukur dengan kebutuhan Internet hari ini,” tegas Komigi kepada desapedia.id, di Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Sebelumnya, melansir laman CNN Indonesia, Moeldoko menyatakan pemblokiran internet oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di wilayah Papua dan Papua Barat, sejak Rabu (21/8), adalah prioritas demi keamanan nasional.

Moeldoko mengklaim pemblokiran internet tersebut tidak dilakukan sepenuhnya, tetapi hanya memperlambat akses internet di Bumi Cendrawasih.

“Sepanjang itu untuk keamanan nasional itu prioritas. Bukan mematikan tapi ada upaya untuk memperlambat,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (22/8).

Moeldoko belum mengetahui sampai kapan pemblokiran internet di Papua dan Papua Barat dilakukan. Mantan Panglima TNI itu hanya menyebut pemerintah ingin melihat situasi terlebih dahulu.

Moeldoko mengklaim pemblokiran internet tak mengganggu aktivitas masyarakat Papua dan Barat. Menurutnya, akses internet sendiri masih bisa tersambung di sekolah yang ada di sana.

Namun, kata Moeldoko, tanpa internet masyarakat masih bisa hidup seperti dahulu kala. Bahkan, ketika listrik belum masuk, masyarakat juga bisa menjalankan aktivitas sehari-hari. “Enggak, dulu kita juga enggak ada (internet) juga bisa hidup kok,” tuturnya.

Pensiunan jenderal bintang empat itu menolak pemerintah disebut memblokir akses internet di Papua dan Papua Barat.

“Ya kan nggak dimatikan, siapa yang bilang dimatikan. [Hanya] dilemotkan,” kata Moeldoko. (Red)

Redaksi Desapedia

Tambahkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.