Desapedia

Komentar Ketua Forum Pendamping Desa se-Jateng soal 49 Desa Miskin di Purbalingga

Ketua Forum Pendamping Desa se-Provinsi Jawa Tengah yang juga Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Purbalingga, Aris Yudirianto. (dok)

Jakarta, desapedia.id –  Sebuah media nasional menyebutkan bahwa di Kabupaten Purbalingga terdapat 49 desa dari 239 desa/kelurahan yang masuk dalam zona merah kemiskinan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Forum Pendamping Desa se-Provinsi Jawa Tengah yang juga Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Purbalingga, Aris Yudirianto, mengatakan, dirinya tidak memahami alasan mengapa 49 desa tersebut disebut masuk ke dalam zona merah kemiskinan.

“Saya sendiri kurang paham, jadi tidak bisa banyak berkomentar. Sumber-sumber lain juga kurang paham tentang berita itu,” ucap Aris saat dihubungi Desapedia.id, Selasa (9/4/2019).

Meski menggaku tidak bisa berkomentar banyak, namun Aris menjelaskan, anggaran Dana Desa setiap desa sudah dialokasikan untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Selain itu, ada juga bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) dari Pemerintah Provinsi Jateng. Pemerintah Kabupaten Purbalingga juga memberikann Bantuan Keuangan Khusus (BKK) yang nilainya sebesar Rp100 juta sampai Rp200 juta.

“Jadi ada banyak bantuan, misalnya bantuan sosial, bantuan anak sekolah, dan bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) yang nominalnya berbeda-beda tergantung tingkat angka kemiskinan,” tutup Aris. (Red)

Redaksi Desapedia