Desapedia

Ketua DPD RI: Kolaborasi Pemerintah Daerah dan Swasta Itu Wajib

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti

Surabaya, desapedia.id – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur yang juga Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), LaNyalla Mahmud Mattalitti menyebut bahwa swasta adalah penggerak utama roda ekonomi nasional dan daerah. Maka tak boleh lagi ada daerah, baik itu tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, yang mempersulit investasi sektor swasta.

LaNyalla yang berasal dari daerah pemilihan Provinsi Jawa Timur ini meminta ekonomi biaya tinggi di sektor perizinan harus dihilangkan dan tingkatkan kemudahan berusaha.

“Jika swasta sehat, maka daerah atau kota tersebut ekonominya pasti juga sehat. Pemerintah hanyalah pemberi stimulus melalui APBD dan kebijakan,” ujar LaNyalla pada pertengahan bulan Desember lalu dikegiatan Kadin Kota Surabaya.

Menurut LaNyalla, dengan kolaborasi yang harmonis antara swasta sebagai pelaku ekonomi dan pemerintah kota sebagai pemangku kebijakan, maka setiap daerah akan lebih siap menghadapi tantangan perlambatan ekonomi yang diprediksi terjadi pada beberapa tahun ke depan.

Upaya memberi perhatian kepada sektor swasta, sambung dia, juga selaras dengan pesan Presiden Joko Widodo yang menginginkan swasta berperan lebih besar dalam menggerakkan ekonomi nasional.

“Kolaborasi pemerintah daerah dan swasta itu wajib, karena APBD itu porsinya hanya 5-10 persen PDRB. Artinya, swasta jauh lebih berperan menggerakkan ekonomi. Makanya jangan ada lagi daerah yang alergi kepada swasta, tidak boleh alergi kepada dunia usaha,” jelas LaNyalla. (Red)

Redaksi Desapedia