30 C
Jakarta
Sabtu, 23 Oktober 2021
BerandaDaerahKelola Bank Sampah, Posyandu Mawar XIII Desa Cijengkol Optimis...

Kelola Bank Sampah, Posyandu Mawar XIII Desa Cijengkol Optimis Jadi Juara di Kabupaten Bekasi

Rekomendasi

Lainnya

    Bekasi, desapedia.id – Posyandu Mawar XIII yang berada di Desa Cijengkol terpilih mewakili Kecamatan Setu dalam ajang ‘Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2019’.

    Bertempat di Perumahan Grand Residence, Cluster Pratama I, RW 12, Desa Cijengkol, Senin (15/7/2019), Posyandu Mawar XIII kedatangan Tim Penilai Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Bekasi.

    “Mohon maaf jika sambutan kami kurang berkenan. Kami selaku Pemerintah Desa Cijengkol merasa bangga dapat mewakili desa-desa se-Kecamatan setu. Kami minta diarahkan agar bisa menjadi lebih baik lagi,” ucap Kepala Desa Cijengkol A. Saefulloh merendah saat memberikan sambutan.

    Menurut Saefulloh, salah satu keunggulan Posyandu Mawar XII yakni para kader Posyandunya telah berhasil mengelola Bank Sampah sehingga dapat mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Selain itu, sampah plastik juga dapat menjadi aneka kerajinan tangan yang bernilai ekonomi.

    Dengan demikian, Posyandu tidak hanya menjadi tempat pemeriksaan kesehatan, tetapi dapat juga memberdayakan ekonomi masyakat desa.

    Saefulloh menegaskan, pendirian Bank Sampah itu rencananya akan ditularkan ke seluruh wilayah Desa Cijengkol. Bahkan, dia juga rencananya akan membuat peraturan desa (perdes) tentang pengelolaan sampah yang nantinya diharapkan masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan. “Ayo kita bersama bangkit mengurangi sampah di Desa Cijengkol,” pesannya.

    Hal senada juga dikatakan Camat Setu, Surya Wijaya. “Saya mencermati Posyandu ini cukup aktif, tapi bukan karena ada lomba saja. Di sini ada Bank Sampah dan kreasi (kerajinan) dari Bank Sampah,” katanya.

    Surya berharap Bank Sampah dapat lebih dimaksimalkan lagi keberadaannya. Sebab, saat ini Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng yang menjadi tempat pembuangan sampah masyarakat Kabupaten Bekasi sudah melebihi kapasitas. “Kabupaten Bekasi semakin padat dan setiap rumah tangga menghasilkan sampah. Karena itu harus ditingkatkan lagi Bank Sampahnya,” papar Surya.

    Dengan optimis, dia juga mengungkapkan, “Saya sebagai Camat Setu mengapresiasi Posyandu Mawar XIII. Kita jagokan sebagai juara pertama di Kabupaten Bekasi.” (Nur Pulo)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    Desa Siaga Corona Covid-19

    Covid-19

    Indonesia
    4,238,594
    Kasus Positif
    Updated on 23 October 2021 - 11:17 WIB 11:17 WIB

    Indeks Berita

    Pemdes Dilarang Pungut Biaya PTSL Lebih dari Rp150 Ribu

    Bekasi, desapedia.id - Pemerintah desa dilarang untuk memungut biaya pengurusan sertifikat tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) lebih...

    Berita Terkait