32 C
Jakarta
Minggu, 13 September 2020
Beranda Daerah Karang Taruna Setu Diminta Ikut Berperan dalam Pembangunan

Karang Taruna Setu Diminta Ikut Berperan dalam Pembangunan

Rekomendasi

Lainnya

    Komite I DPD RI Meminta Kemendes PDTT Sederhanakan Regulasi

    Jakarta, desapedia.id – Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar Rapat Kerja (Raker) secara virtual dengan...

    Rawan Politik Uang, Pencegahan Korupsi Harus Dimulai dari Pilkades

    Palangkaraya, desapedia.id – Program keuangan desa menjadi yang terbaik diantara 6 rencana aksi strategis nasional pencegahan korupsi. Bukan hanya itu...

    Ini Penjelasan Kemendes PDTT Soal Gerakan Setengah Miliar Masker Desa

    Jakarta, desapedia.id – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah merilis Surat Menteri Desa Pembangunan Daerah...

    Bekasi, desapedia.id – Pembangunan di Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, kian berkembang pesat. Baik itu pembangunan infrastukturnya, maupun tingkat pertumbuhan penduduknya.

    Hal ini menjadi salah satu alasan Karang Taruna Kecamatan Setu menggelar temu karya dengan tema “Optimalisasi Peran Karang Taruna dalam Pembangunan SDM dan Potensi Ekonomi”, di Aula Kantor Kecamatan Setu, Sabtu (20/7/2019).

    Kegiatan ini dihadiri seluruh pengurus Karang Taruna Kecamatan Setu, pengurus Karang Taruna dari sebelas desa di Kecamatan Setu, serta mengundang pengurus Karang Taruna Kabupaten Bekasi. Hadir juga dalam acara ini, Camat Setu Surya Wijaya, Danramil Setu Kapten Sudiro, Wakapolsek Setu Iptu H. Yamin, serta Rusdi Azis sebagai Plt Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Bekasi.

    Camat Setu, Surya Wijaya mengatakan, pembangunan SDM sangat penting di tengah pesatnya persaingan global. “Sekarang era persaingan sangat ketat dan angkatan kerja setiap tahun semakin meningkat,” paparnya.

    Terlebih lagi, lanjut Surya, penduduk di Kecamatan Setu semakin heterogen dan pembangunannya bergerak semakin cepat. Satu contoh, wilayah Kecamatan Setu akan dilintasi dua jalan tol, yaitu Jakarta-Cikampek II sisi selatan (Japek II) dan tol Cimanggis-Cibitung.

    Surya khawatir, jika saat ini SDM Karang Taruna tidak dipersiapkan, maka ke depan hanya akan jadi penonton. “Saya berharap Karang Taruna tidak hanya jadi penonton, tapi bisa jadi pemain atau pelaku pembangunan di Kecamatan Setu,” ujar Surya.

    Dia juga berpesan agar Karang Taruna memiliki (mindset) pola pikir entrepeneur. “Jangan hanya mencari proyek fisik saja yang sifatnya temporer, tapi juga harus bisa berwirausaha,” ucapnya. “Jadi SDM-nya harus punya skill (keahlian) yang bisa didapat melalui pelatihan. Dan kegiatan pelatihan itu bisa dianggarkan oleh pemerintah desa.”

    Sementara itu, Wakapolsek Setu Iptu H. Yamin mengatakan, Karang Taruna merupakan sebuah wadah untuk menampung aspirasi dan kreatifitas dalam memajukan wilayahnya. “Karang Taruna harus harus bisa menjadi sponsor pembangunan, baik itu pembangunan fisik maupun non fisik,” kata Yamin. “Karang Taruna juga harus bisa memajukan generasi muda di lingkungannya masing-masing,” tambahnya.

    Harapan yang sama juga diungkapkan Plt Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Rusdi Azis. “Harus lebih giat lagi berorganisasi dan menggali potensi, serta ke depannya harus jauh lebih baik lagi,” ucapnya.

    Adapun Danramil Setu Kapten Sudiro berpesan, Karang Taruna jangan hanya mengutamakan kepentingan pribadi atau pengurusnya saja. “Tapi, utamakan kepentingan organisasi dan kepentingan masyarakat Setu.”

    Terpilih Secara Aklamasi 

    Pemilihan ketua Karang Taruna tingkat Kecamatan Setu menjadi agenda puncak dalam kegiatan temu karya tersebut.

    Dalam pemilihan ini, Acep Juandi yang akrab disapa Leo, terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Karang Taruna Kecamatan Setu. Dengan demikian, Leo melanjutkan kepemimpinannya untuk periode kedua, yakni dari 2019 hingga 2024 mendatang.

    “Terimakasih atas doa dan dukungannya. Saya ingin teman-teman bersatu untuk kemajuan Kecamatan Setu,” ungkap Leo. (Nur Pulo)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    Desa Siaga Corona Covid-19

    Covid-19

    Indonesia
    214,746
    Kasus Positif

    Indeks Berita

    Berbekal Laporan dari Inspektorat Daerah, Polri dan Kejaksaan Tangkap...

    Jakarta, desapedia.id – Korupsi Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja dan Negara (APBN) masih saja terus terjadi...

    Dihadapan Komisi II DPR RI, Kemendagri Ungkap Puluhan Ribu...

    Jakarta, desapedia.id – Dalam Rapat Kerja Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dengan Kementerian Dalam Negeri yang digelar pada Rabu (2/9)...

    Pemdes Terlalu Sibuk dengan Laporan, Pendamping Desa: Karena Terlalu...

    Purbalingga, desapedia.id – Terlalu banyaknya regulasi telah membuat Pemerintah Desa (Pemdes) menjadi sibuk dengan penyusunan berbagai laporan kegiatan dan program. Sehingga kondisi ini berdampak...

    Transparansi Pemdes dan Partisipasi Warga Desa Menjadi Tolak Ukur

    Jakarta, desapedia.id – Pada medio Agustus 2020 lalu, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar pernah menuturkan di desapedia.id...

    Puskesmas Setu I Tes Swab 230 Orang dengan Risiko...

    Bekasi, desapedia.id - UPT Puskesmas Setu I melakukan tes swab terhadap 230 orang yang rentan terpapar virus Corona atau Covid-19. Pemeriksaan diprioritaskan terhadap warga...

    Berita Terkait