29.5 C
Jakarta
Minggu, 13 September 2020
Beranda Daerah Kampung Siaga COVID-19 Rawajati, KPN Libatkan Peran Warga untuk...

Kampung Siaga COVID-19 Rawajati, KPN Libatkan Peran Warga untuk Putus Mata Rantai Corona

Rekomendasi

Lainnya

    Berbekal Laporan dari Inspektorat Daerah, Polri dan Kejaksaan Tangkap Para Mantan Kades yang Terjerat Korupsi Dana Desa

    Jakarta, desapedia.id – Korupsi Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja dan Negara (APBN) masih saja terus terjadi...

    Panwascam Setu Gelar Pelatihan dan Bimtek untuk Panwaslu Desa

    Bekasi, desapedia.id - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Setu menggelar pelatihan dan bimbingan teknis (Bimtek) kepada Panitia Pengawas...

    Pemkab Konawe Tidak Salurkan Alokasi Dana Desa Selama 16 bulan, Bupati dan Wakil Bupati Dituntut Mundur

    Jakarta, desapedia.id – Aliansi Masyarakat dan Mahasiswa Bersatu (AMMB) yang dipimpin oleh Ilham Killing menggelar aksi demonstrasi di komplek...

    Jakarta, desapedia.id – Upaya Komite Penggerak Nawacita (KPN) memutus mata rantai penyebaran Covid-19 telah dilakukan sejak awal merebaknya pandemi tersebut. KPN tak hanya mengerahkan relawannya namun juga ikut memberdayakan masyarakat untuk berperan aktif dalam pencegahan Covid-19 di lingkungannya, melalui program Kampung Siaga COVID-19 yang tersebar di Jakarta, Bogor dan Bekasi.

    Salah satu Kampung Siaga COVID-19 yang diinisiasi KPN terletak di RW 07 Kelurahan Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan. Di wilayah ini KPN bersama Ketua RW dan jajarannya menerapkan gotong royong dengan melibatkan partisipasi warga untuk menjaga diri dan lingkungan mereka agar penyebaran Corona dapat diminimalisir.

    “Program Kampung Siaga COVID-19 ini dirumuskan dengan semangat gotong royong dengan mengajak masyarakat di tingkat RW untuk gotong royong, saling bantu, mencoba untuk mandiri, namun juga segera dapat mengakses bantuan yang ada, cepat tanggap dalam kondisi kedaruratan. Untuk tahap awal program ini telah dilaksanakan di beberapa RW di Jakarta dan Kota Bogor,” ujar Koordinator Satgas Program KPN Tanggap COVID-19 Pitono Adhi.

    Selain itu, lanjut Pitono, Program Kampung Siaga COVID-19 ini, adalah upaya untuk memberdayakan masyarakat pada tingkatan kluster kampung, antar tetangga, menggugah kesadaran warga untuk menjaga diri masing-masing, saling bantu untuk bersama-sama menghadapi pandemi Corona.

    “Virus ini kan gak kenal kelas masyarakat, gak kenal golongan, menghadapinya ya harus gotong royong. Di tingkat RW ini kita juga mencoba mengusahakan tempat karantina mandiri, untuk warga yang berstatus ODP maupun PDP apabila dibutuhkan. Juga apabila memungkinkan kita sediakan ruang perawatan bagi penderita positif Covid-19 sambil menunggu tersedianya ruang di Rumah Sakit rujukan, tentunya dengan bekerjasama dengan Puskesmas terdekat,” papar Pitono.

    Sedangkan Ketua RW 07 Rawajati, Sari Budhi Handayani mengungkapkan kolaborasi dengan KPN dalam program Kampung Siaga COVID-19 sangat dirasakan manfaatnya. Ia mengakui pihaknya sangat terbantu dengan program yang dibuat oleh KPN, pasalnya Program Kampung Siaga ini seiring dengan anjuran pemerintah untuk menjaga diri dan lingkungan dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona.

    Menurut Sari, langkah pertama dalam menjaga warga dan lingkungan dari pandemi Covid-19 adalah dengan menutup akses masuk ke wilayahnya. Bagi yang ingin masuk ke wilayahnya ini pihaknya menerapkan sejumlah protokol kesehatan yang disarankan pemerintah.

    “Di wilayah kita dalam rangka mencegah virus COVID-19 kami mengadakan tutup akses jalan masuk dengan melibatkan pemuda, bapak-bapak dan kader PKK. Kami sebenarnya menyarankan tidak menerima tamu. Tapi jika memang harus menerima, kami minta untuk cuci tangan dan kendaraannya di semprot disinfektan,” ujar Sari.

    Tak hanya itu, lanjut Sari, jajaran pengurus RW dan RT juga aktif mengkampanyekan cara menjaga kesehatan dan kebersihan dengan menempatkan sejumlah wastafel portabel sebagai sarana mencuci tangan bagi warga. Pihaknya juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga, membagikan hand sanitizer dan masker untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

    “Dalam Kampung Siaga ini, KPN juga memfasilitasi sarana wastafel portabel dan alat penyemprot disinfektan bagi wilayah kami. Wastafel portabel kita tempatkan di titik strategis lalu lalang warga, sedangkan penyemprotan disinfektan dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu dalam rangka Kampung Siaga COVID-19 di setiap RT yang ada di wilayah RW 08 ini,” ujar Sari.

    “Warga juga kami bagikan hand sanitizer dan masker untuk perlindungan diri dari virus Corona, pihak KPN yang mendistribusikan melalui kami untuk dibagikan ke warga,” imbuhnya.

    Pada Program Kampung Siaga Covid-19 ini, sejumlah spanduk dan poster berisi imbauan mengenai pencegahan penyebaran virus Corona juga dipasang di sejumlah titik-titik yang menjadi lalu lalang warga di wilayah RW 07. Sari berharap dengan adanya program ini dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan warga akan pentingnya menjaga diri dan lingkungan untuk memutus mata rantai Covid-19.

    Untuk diketahui Komite Penggerak Nawacita (KPN) merupakan kumpulan dari organ yang terus-menerus bekerja demi kebaikan tetap memimpin negeri ini, terdiri atas: Almisbat, Alumni Menteng 64, Bara JP, Blusukan Jokowi, KAPT, Kornas Jokowi, MAPPAN, Paguyuban Relawan Nusantara, Pengawal Pancasila Damai, RPJB dan Seknas Jokowi.

    KPN mengajak semua lapisan masyarakat, semua jajaran pemerintahan dan semua kekuatan sipil yang ada untuk bergerak bersama, letakkan dahulu segala perbedaan, saatnya gotongroyong, mari berbuat yang kita mampu lakukan. (Red)

     

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    Desa Siaga Corona Covid-19

    Covid-19

    Indonesia
    210,940
    Kasus Positif

    Indeks Berita

    Dibentuk dari Konsorsium 5 Desa di Bantul, PT. Pasar...

    Bantul, desapedia.id – PT. Pasar Desa Indonesia yang diresmikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT)...

    Puskesmas Setu I Gencar Sosialisasikan Protokol Kesehatan di Era...

    Bekasi, desapedia.id - UPT Puskesmas Setu I terus gencar mensosialisasikan protokol kesehatan di era adaptasi kebiasaan baru (AKB) di wilayah kerjanya. Untuk diketahui, wilayah...

    Tren Positif Covid-19 Naik, Sosialisasi Gerakan 3M Harus Digencarkan

    Tren penambahan kasus positif Covid-19 terus menanjak hingga awal Agustus 2020. Karena itu, gerakan Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak (3M) perlu lebih...

    Administrasi Pemdes Sudah Berjalan Baik, Blokir 52 Desa di...

    Jakarta, desapedia.id - Dalam diskusi MalMing (8/8) Bersama Kemendagri Spesial yang membahas topik tentang isu-isu strategis Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa...

    Melihat Lebih Dekat Peran SDGs Centre di Unila, UniB...

    Jakarta, desapedia.id – Keterlibatan Perguruan Tinggi dalam mengatasi masalah yang ada di masyarakat telah diamanatkan oleh dharma ketiga Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada...

    Berita Terkait