Desapedia

Kadis PMPD Provinsi Kaltim: Jumlah Desa Maju-Mandiri di Kaltim Naik Drastis Karena Dana Desa

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Provinsi Kalimantan Timur, M. Jauhar Efendi. (Ist)

Samarinda, desapedia.id – Berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) Provinsi Kalimantan Timur tahun 2019, status desa maju-mandiri mengalami kenaikan drastis yaitu dari 34 desa pada tahun 2017, naik menjadi 119 desa pada tahun ini.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Provinsi Kalimantan Timur, M. Jauhar Efendi, di Samarinda, Kamis (25/7/2019).

Jauhar menambahkan, sebanyak 119 desa maju dan mandiri terdiri atas 10 desa dengan status mandiri dan selebihnya sejumlah 109 desa berstatus maju.

“Jika dipersentasekan dengan jumlah desa seluruh Kaltim sebanyak 841 desa, maka 10 desa mandiri itu setara dengan 1,19 persen dan 109 desa maju setara dengan 12,96 persen,” ujarnya.

Jauhar mengakui, peningkatan jumlah desa maju dan mandiri di Kalimantan Timur karena adanya beberapa faktor pendukung, antara lain karena adanya Dana Desa yang bersumber dari APBN, pembinaan dan pengawasan dari Pemerintah Provinsi, serta kolaborasi aparatur pemerintah desa dengan masyarakat dalam pembangunan desa.

“Tahun 2019 ini rata-rata desa di Kaltim mendapatkan dana desa sudah mencapai Rp1 miliar per desa. Anggaran ini sangat berpengaruh dalam mendongkrak pembangunan desa disegala bidang,” tandasnya. (Red)

Redaksi Desapedia

Tambahkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.