Desapedia

Kades Tampingan: Dana Desa Bermanfaat Bangun Infrastruktur

Dana desa, Jawa tengah
Kepala Desa Tampingan, H. Harjono (desapedia.id)

Desa Tampingan, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah merasa terbantu dengan kucuran dana desa yang berasal dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Harjono, Kades Tampingan, mengatakan, dana desa sangat bermanfaat bagi pembangunan infrastruktur desa. “Baik jalan maupun irigasi pertanian sudah terdanai dengan dana desa. Dan hasilnya sangat bagus banget,” katanya kepada desapedia.id, Kamis (31/5/2018).

Dia menambahkan, kondisi jalan di Desa Tampingan sudah sangat baik, dan tidak ada lagi jalan yang berlubang ataupun becek. “Tahun ini jalan sudah hampir 95% dirabat beton,” terang Harjono.

Di samping itu, dana desa juga mendorong perkembangan bidang pemberdayaan masyarakat. “Kami telah memberikan bantuan modal mesin jahit kepada 12 orang guna mengangkat perekonomian masyarakat desa,” tuturnya.

Saat ini, lanjut Harjono, dana desa untuk tahap pertama di Desa Tampingan sudah cair dan telah dipergunakan. Sedangkan untuk tahap keduanya hingga saat ini (Mei 2018) belum juga kunjung cair.

Di sisi lain, dia berharap ke depannya dana desa juga diperbolehkan untuk membangun sebuah kantor desa. “Sekarang belum bisa dianggarkan untuk pembangunan sarana gedung kantor desa, padahal dengan kantor desa yang baik dan representatif akan meningkatkan pelayanan kepada warga desa,” tutup Harjono. (Red)

Redaksi Desapedia