Desapedia

Kades Minta Dilibatkan Jika Ada Program Bantuan Langsung ke Rakyat

Dana desa, Kendal, Jawa Tengah
Bambang Utoro, Kades Sendangdawuhan dan pernah menjabat Ketua Paguyuban Desa Bahurekso Kabupaten Kendal (desapedia.id)

Kendal, desapedia.id – Anggaran untuk program kesejahteraan rakyat mengalami kenaikan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019.

Hal tersebut tentu saja disambut baik oleh Bambang Utoro, Kades Sendangdawuhan, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Karena itu, Bambang yang juga pernah menjabat Ketua Paguyuban Desa Bahurekso Kabupaten Kendal ini berharap, seluruh kepala desa ikut serta dilibatkan dalam pelaksanaannya.

“Mohon kepada pemerintah pusat apabila di tahun 2019 akan ada tambahan bantuan langsung ke rakyat (sesuai RAPBN 2019), maka kami para Kades mohon dilibatkan,” kata Bambang kepada desapedia.id, belum lama ini.

Menurutnya, Kades bersama Bintara TNI Pembina Desa (Babinsa), Bintara Polri Pembina Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) merupakan tiga pilar pembina masyarakat Desa. “Karena itu, kami yang lebih tahu persis kondisi masyarakat desa,” ungkapnya.

Tapi, Bambang bilang, “Kami bertanya kenapa dalam penentuan penerima program bantuan langsung seperti rastra (beras sejahtera) atau BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), dan BPJS Kesehatan, kami para Kades tidak dilibatkan?”

Dia menambahkan, survei membuktikan bagi penerima program selalu mengucapkan terimakasih kepada presiden. “Tetapi bagi [masyarakat] yang tidak menerima, kami para Kades yang disalahkan,” keluh Bambang mencurahkan isi hatinya. (Red)

Redaksi Desapedia