Desapedia

IRC Open Cup 2019: Ajang Pemersatu Pemuda Desa Cijengkol

Pembukaan IRC Open Cup 2019. (desapedia.id)

Bekasi, desapedia.id – Sebanyak 16 tim akan tampil mengikuti turnamen sepakbola IRC Open Cup 2019 yang mulai digelar di Stadion Mini Desa Cijengkol, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Sabtu (26/10/2019), ajang IRC Open Cup 2019 ini resmi dibuka oleh Kepala Desa Cijengkol H. A. Saefulloh dan jajaran Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan) Setu. Kegiatan pembukaan turnamen sepakbola ini diawali dengan penampilan seni Tari Ronggeng Blantek dan Pencak Silat.

Rizki Rahmat Budiman selaku wakil ketua panitia mengatakan, turnamen sepakbola ini baru pertamakalinya digelar. Menurutnya IRC adalah kepanjangan dari Ikatan Remaja Cijengkol, dan IRC merupakan klub sepakbola tertua yang ada di Desa Cijengkol.

Wakil Ketua Panitia, Rizki Rahmat Budiman (pojok kanan)

“Penggagas berdirinya IRC Club ini  yaitu almarhum Lurah Wandi (Mantan Kepala Desa Cijengkol). Jadi, salah satu alasan diadakannya IRC Open Cup 2019 adalah untuk mengenang jasa beliau. Selain itu, ajang ini juga untuk menyambut ulang tahun IRC Club yang jatuh pada 28 Oktober yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda,” jelas Rizki kepada desapedia.id.

Di samping itu, dia mengungkapkan, kompetisi IRC Open Cup 2019 bertujuan untuk menyatukan para pemuda Desa Cijengkol yang sempat terpecah dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) tahun lalu. “Ini salah satu bentuk menyatukan anak-anak muda Cijengkol, sehingga dapat lebih kompak kembali,” ucapnya.

Rizki menambahkan, sebanyak enam belas tim yang akan turut serta di ajang ini berasal dari wilayah Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, serta Bogor.

“Untuk Desa Cijengkol sebenarnya ada sekitar empat tim sepakbola. Tapi, semuanya kami satukan ke dalam IRC Club. Jadi, tim IRC akan mewakili Desa Cijengkol dalam turnamen sepakbola ini,” paparnya. “Kompetisi IRC Open Cup 2019 akan bergulir selama dua bulan, dan finalnya akan dilaksanakan sekitar tanggal 29 Desember 2019 mendatang,” imbuh Rizki.

Sementara itu, Rangga selaku ketua panitia berharap agar IRC Open Cup 2019 dapat meningkatkan daya saing pemuda dalam olahraga sepakbola khususnya untuk para pemuda Desa Cijengkol.

“Ke depannya, tim sepakbola dari Desa Cijengkol harus bisa mewakili Kecamatan Setu dalam ajang olahraga sepakbola,” ujarnya dalam sambutan seremoni pembukaan IRC Open Cup 2019.

Kepala Desa Cijengkol H. A. Saefulloh, dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pemuda Cijengkol yang tergabung dalam tim IRC. Dia berharap agar sinergitas dapat terus terjalin dengan baik.

“Kita harus bersinergi agar dapat memajukan lagi bidang olahraga. Dan saya berpesan, agar tuan rumah harus dapat menjaga keamanan. Kita tunjukkan bahwa kita tuan rumah yang santun dan baik,” kata Saefulloh.

Adapun Camat Setu Surya Wijaya mengapresiasi atas diselenggarakannya turnamen sepakbola IRC Open Cup 2019. Dia berharap agar event ini dapat melahirkan pemain sepakbola yang berkualitas.

“Semoga dari turnamen ini akan muncul para pemain sepakbola yang mampu mengharumkan nama Kecamatan Setu maupun Kabupaten Bekasi,” harap Surya.

Sementara itu, Kapolsek Setu AKP. Wahid Key berharap agar para peserta menjunjung tinggi sportivitas. “Harus sportif dalam bermain, dan tentunya kami berharap agar turnamen ini berjalan lancar dan aman,” tutup Wahid. (Nur Pulo)

Redaksi Desapedia

Tambahkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.