30.2 C
Jakarta
Kamis, 16 Juli 2020
Beranda Desa Inovasi Desa Panggungharjo Jaga Ekonomi di Tengah Covid 19

Inovasi Desa Panggungharjo Jaga Ekonomi di Tengah Covid 19

Rekomendasi

Lainnya

    Satgas Dana Desa Tegaskan Dana Desa Bukan Milik Kades, tapi Milik Masyarakat

    Jakarta, desapedia.id - Pemerintah desa sejak tahun 2015 lalu telah mengelola anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja...

    Dana Desa Tetap Ada, Tahun 2021 Dianggarkan Rp 72 Triliun  

    Jakarta, desapedia.id – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menjawab keraguan berbagai pihak perihal masa depan...

    Apa Artinya UU Desa tanpa Dana Desa?

    Magelang, desapedia.id – Ketua Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD "APMD") Yogyakarta, Dr. Sutoro Eko berdiskusi santai sambil makan...

    Jakarta, desapedia.id – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar meresmikan platform pasardesa.id melalui video telekonferensi di ruang kerjanya, Jakarta, Senin (13/4). Inovasi dari Desa Panggungharjo Kabupaten Bantul ini bertujuan untuk menjaga kestabilan ekonomi dan ketahanan pangan di Desa Panggungharjo.

    Gus Menteri, sapaannya, mengatakan, Desa Panggungharjo telah berpikir jauh ke depan, tidak hanya berpikir bagaimana mengatasi penanganan covid 19, hadirnya pasardesa.id juga mengatasi permasalahan yang akan terjadi pasca covid 19.

    “Saya sangat mengapresiasi gagasan pasardesa.id ini. Kepala Desa Panggungharjo ini cara berpikirnya sudah merepresentasikan cara berpikir kepala Negara,” ujarnya.

    Ia mengatakan, FAO (Food Agriculture Organization) sendiri telah memberikan peringatan bahwa covid 19 berpotensi memberikan dampak terhadap ketahanan pangan. Sehingga menurutnya, selain serius untuk menekan angka penyebaran covid 19, pemerintah saat ini juga tengah melakukan langkah-langkah cepat untuk mengatasi potensi dampak yang akan terjadi ke depannya.

    “Jadi Desa Panggungharjo ini memikirkan dulu bagaimana warga desanya aman, aman dari berbagai hal terkait wabah covid 19, aman dari dampak ketahanan pangan nantinya, nah baru nanti kalau sudah berjalan bagus, warganya aman, baru berpikir bagaimana untuk ikut membantu desa lainnya,” ujarnya.

    Ia berharap, inovasi Desa Panggungharjo ini dapat ditularkan kepada desa-desa lain yang memiliki karakter sama. Jika sebanyak 74.953 desa di Indonesia bergerak cepat seperti halnya Desa Panggungharjo, ia meyakin bahwa dampak covid 19 di Indonesia tidak akan separah negara-negara lainnya.

    “Untuk itulah makanya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi sejak awal berpikir bagaimana memproteksi desa agar punya mekanisme ketahanan diri untuk mencegah dan menangani dalam situasi yang tidak bisa dicegah lagi, juga melakukan antisipasi dampak-dampak yang akan terjadi,” ujarnya.

    Mekanisme tersebut, lanjutnya, berkaitan dengan penekanan Padat Karya Tunai Desa (PKTD), protokol pencegahan dan penanganan covid 19 di desa, pembentukan relawan desa, hingga terkait penyiapan ruang isolasi desa.

    “Coba bayangkan kalau tidak dibuat seperti itu di desa, pemerintah kabupaten tidak akan mampu menangani sendiri secara masif,” ujarnya.

    Terkait hal tersebut, Kepala Desa Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi mengatakan, pasardesa.id dibangun dalam rangka memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat desa dengan hanya tetap di rumah. Selain itu, hadirnya pasardesa.id diharapkan mampu menjaga perputaran ekonomi di desanya, di tengah menurunnya daya beli masyarakat akibat covid 19.

    “Jadi di tengah daya beli masyarakat yang semakin tipis, kita harapkan dengan adanya pasardesa.id ini kondisi ini tidak keluar. Sebisa mungkin kita putar kapasitas ekonomi masyarakat desa ini di desa, sehingga banyak masyarakat desa yang menerima nilai uang, yang daya belinya semakin menipis akibat covid 19,” terangnya.

    Ia mengatkan, pasardesa.id dibangun berdasarkan empat nilai yakni mitigasi, solidaritas, kolaborasi, dan ekonomi berbagi. Nilai mitigasi artinya, pasardesa.id merupakan platform yang tidak hanya sebagai upaya stabilisasi pasar, namun juga merupakan bagian dari upaya pencegahan penyebaran covid 19.

    “Terkait nilai solidaritas, pasardesa.id ini memberikan cashback 20 persen untuk belanja di atas Rp250 ribu berupa paket sembako, yang wajib diberikan kepada warga desa yang membutuhkan. Inilah upaya platform berbagi. Masyarakat desa yang cukup daya beli, punya media untuk memberikan kelebihan ekonominya kepada masyarakat desa lainnya yang secara ekonomi terancam,” ujarnya.

    Selanjutnya terkait kolaborasi ia mengatakan, pasardesa.id memberdayakan warung dan toko di desa setempat sebagai penyedia aneka barang. Sedangkan nilai ekonomi berbagi yang dimaksud, adalah dimana pasardesa.id akan mempertahankan warga desa untuk tidak berbelanja di luar desa, sehingga perputaran ekonomi akan terjaga di desa.

    “Jadi di tengah daya beli masyarakat yang semakin tipis, kita harapkan dengan adanya pasardesa.id ini kondisi ini tidak keluar. Sebisa mungkin kita putar kapasitas ekonomi masyarakat desa ini di desa, sehingga banyak masyarakat desa yang menerima nilai uang, yang daya belinya semakin menipis akibat covid 19,” terangnya. (Red)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    Desa Siaga Corona Covid-19

    Covid-19

    Indonesia
    80,094
    Kasus Positif

    Indeks Berita

    Pengaturan Dana Desa di UU Nomor 2 Tahun 2020...

    Jakarta, desapedia.id – Anggaran Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN sebagaimana diatur dalam pasal 72 UU Nomor 6...

    UU Nomor 2 tahun 2020 Menghilangkan Kewenangan Lokal Berskala...

    Jakarta, desapedia.id – Mantan Wakil Ketua DPD RI yang juga pernah menjadi Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPR RI untuk pembentukan UU Nomor 6 tahun 2104...

    DPD RI dan IPB University Gelar FGD Bahas RUU...

    Bogor, desapedia.id – Panitia Perancang Undang–Undang (PPUU) DPD RI menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Uji Sahih Rancangan Undang-undang Badan Usaha Milik Desa...

    Dukung Kebijakan Pemerintah, Papdesi Minta Semua Pihak Hentikan Perdebatan...

    Jakarta, DESAPEDIA.ID - Perdebatan dan polemik dana desa yang bersumber dari APBN masih saja terus bergulir seiring dengan terbitnya pasal 28 angka 8 di...

    Ingin Regulasi Dorong Kemandirian Desa, Mendes PDTT: Masukan dari...

    Yogyakarta, desapedia.id - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar sambangi Universitas Negeri Yogyakarta, Sabtu (27/6/2020). Menteri Desa menghadiri penandatanganan kesepahaman bersama...

    Berita Terkait