25 C
Jakarta
Kamis, 20 Januari 2022
BerandaDesaIni Tantangan Penyaluran dan Penyerapan Dana Desa

Ini Tantangan Penyaluran dan Penyerapan Dana Desa

Rekomendasi

Lainnya

     

    Jakarta, desapedia.id – Seperti apa sesungguhnya tantangan penyaluran dan penyerapan dana desa selama ini ?

    desapedia.id merangkumnya dari makalah yang dipaparkan oleh Prof. Dr. Ahmad Erani Yustika, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang.

    Menurut Prof. Ahmad Erani, penyaluran dana desa sesunguhnya selalu mengalami perbaikan setiap tahunnya, begitupula dengan penyerapan dana desa yang juga selalu mengalami peningkatan setiap tahun.

    Merujuk pada data terakhir sebagaimana dipaparkan di makalah Prof. Ahmad Erani, pada tahun 2018 penyaluran dana desa dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Kabupaten sebesar 99,77 persen. Sedangkan penyaluran dari RKUD Kabupaten ke desa – desa sebesar 99,56 persen.

    Dalam makalah tersebut juga terungkap penyerapan dana desa tahun 2018 sebesar 99,56 persen di 74.957 desa di seluruh Indonesia.

    Prof. Ahmad Erani menjelaskan, permasalahan utama penyaluran dan penyerapan dana desa selama ini adalah proses administrasi yang terdiri dari sistem pelaporan dan dokumen–dokumen syarat pencairan dana desa yang cukup menyulitkan.

    Selain itu, lanjutnya, mekanisme pelaporan keuangan desa yang kompleks membuat desa kesulitan dalam penatausahaan keuangan desa, khususnya penggunaan aplikasi Sistem Keuangan Desa atau SISKEUDES.  (Red)

     

     

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    Desa Siaga Corona Covid-19

    Covid-19

    Indonesia
    4,275,528
    Kasus Positif
    Updated on 20 January 2022 - 09:17 WIB 09:17 WIB

    Indeks Berita

    Mendes PDTT Sebut 40 persen Dana Desa Untuk BLT...

    Jakarta, desapedia.id – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar mengatakan, bahwa pada tahun 2022 penggunaan...

    Berita Terkait