Desapedia

Ini Respon Ketua DPR Terkait Masih Minimnya Bantuan Korban Tsunami Selat Sunda

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Ist)

Jakarta, desapedia.id – Bantuan logistik untuk korban bencana tsunami Selat Sunda, terutama bagi warga di daerah pelosok Kabupaten Pandeglang, seperti Kecamatan Sumur masih minim. Hal tersebut karena sulitnya akses jalan akibat banyak jalan yang rusak.

Sementara itu, korban bencana tsunami di Lampung juga masih membutuhkan bantuan obat-obatan karena pengungsi mulai terserang penyakit.

Melihat kondisi itu, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menegaskan dirinya mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berkoordinasi dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) dan Polri untuk memanfaatkan sarana helikopter yang dimiliki kedua lembaga tersebut guna membawa bantuan, baik berupa logistik maupun obat-obatan yang dibutuhkan oleh warga terdampak tsunami.

“Saya juga mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Kepolisian untuk segera membuka akses jalan daerah yang terdampak tsunami guna memperlancar dan mempermudah penyaluran bantuan melalui jalur darat,” kata kader Partai Golkar yang biasa disapa Bamsoet ini dalam rilis resmi yang diterima desapedia.id, di Jakarta, Rabu (26/12/2018).

Di samping itu, Bamsoet minta agar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk menambah tenaga medis ke posko pengungsian, dan mengerahkan mobil puskesmas keliling dan menambah stok persediaan obat yang dibutuhkan oleh warga, serta segera menyalurkan bantuan sosial dan mendirikan dapur umum di posko pengungsian.

“Basarnas, BNPP, BNPB, BPBD, bersama dengan Taruna Siaga Bencana (Tagana) juga harus terus melakukan penyisiran dan pencarian terhadap kemungkinan masih adanya korban yang belum ditemukan serta memberikan bantuan dalam evakuasi warga,” tegas Bamsoet. (Red)

Redaksi Desapedia