Desapedia

Ini Inovasi Desa Cibulan, Sang Juara Lomba Desa Tingkat Jawa Barat Tahun 2019

Ilustrasi. (Ist)

Jakarta, desapedia.id – Masyarakat Desa Cibulan, Kabupaten Kuningan boleh berbangga. Pasalnya, Desa Cibulan telah menjadi juara Lomba Desa tingkat Jawa Barat pada tahun 2019 ini. Bukan hanya itu saja, posisinya sebagai juara tingkat Jawa Barat telah membawa Desa Cibulan menjadi juara Harapan II Lomba Desa Tingkat Nasional 2019.

Lalu seperti apa inovasi Desa Cibulan yang membuatnya berprestasi seperti sekarang ini ? Desapedia.id merangkumnya dari berbagai sumber.

Desa Cibulan berada di Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Desa ini terletak 25 KM sebelah timur dari pusat Kabupaten Kuningan. Salah satu inovasi terbaiknya adalah menyulap lahan bekas galian pasir atau galian C menjadi lahan pertanian yang produktif, yaitu kacang kedelai.

Selain bidang pertanian, Desa Cibulan juga telah menetapkan beberapa program strategis yang terkait pelayanan publik, yaitu penerapan e–government desa berbasis teknologi informasi, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, inovasi pemerintahan, kesehatan masyarakat dan peningkatan daya saing desa.

Peningkatan pelayanan publik Desa Cibulan dilatarbelakangi oleh kebiasaan warga desa yang meminta pelayanan publik diluar jam kerja, terutama pengurusan KTP bagi warga usia pemula.

Dengan banyaknya kasus tersebut, Pemerintah Desa Cibulan dibawah kepemimpinan Kepala Desa Iwan Gunawan melakukan inovasi melalui pelayanan optimal dengan menerapkan Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Sistem PTSP ini dikelola oleh Kepala Urusan Umum Pemdes Cibulan.

Sistem PTSP ini juga melakukan langkah–langkah yang proaktif dengan menjemput bola pembuatan KTP bagi warga pemula. Model jemput bola ini dilakukan dengan cara memberikan surat pemberitahuan melalui masing–masing Kepala Dusun (Kadus).

Sistem PTSP ini telah diperkuat dengan Peraturan Desa (Perdes) Cibulan nomor 4 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Inovasi Desa Cibulan dalam pelayanan informasi, desa ini telah menerapkan e–gorvenment desa berbasis teknologi informasi. Diberbagai sudut desa telah dilengkapi dengan fasilitas internet, wifi, hotspot gratis dan sarana informasi melalui website.

Untuk memantik kinerja pelayanan aparatur pemerintahan desa di Cibulan, Pemdes Cibulan secara rutin memberikan penghargaan kepada perangkat desa seperti staf, kepala dusun, staf Linmas, PKK, Posyandu UP2K dan dusun terbaik.

Semua inovasi yang dilakukan Desa Cibulan tentu saja bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa guna terwujudnya Desa Cibulan Bersih, Sehat, Indah, Agamis dan Raharja (Bersinar) tahun 2023. (Red)

Redaksi Desapedia

Tambahkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.