Desapedia

Infrastruktur Masih Jadi Prioritas Penggunaan Dana Desa di Banjarsari dan Sukahurip

Pemerintah Kecamatan Sukatani melakukan monitoring dan evaluasi penggunaan Dana Desa tahap I. (desapedia.id)

Bekasi, desapedia.id – Penggunaan Dana Desa di Desa Banjarsari dan Sukahurip yang berada di wilayah Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, masih diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur.

Kepala Desa Banjarsari, Eri Ekadarmadi, Jum’at (19/7/2019), mengatakan, dirinya menargetkan pembangunan infrastruktur di Desa Banjarsari akan rampung ditahun 2019 ini.

Kades Banjarsari, Eri Ekadarmadi (baju kuning)

“Ketika saya awal menjabat tahun 2012 silam, Banjarsari seperti kapal pecah. Artinya infarastruktur benar-benar masih nol. Dan saya pastikan di tahun 2019 ini, jalan desa dan lingkungan di gang-gang kecil akan selesai semua,” ujar Eri. “Ke depannya baru kita prioritaskan pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya untuk pertanian.”

Meski demikian, dia memastikan tahun ini pihaknya akan berupaya untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). “Sudah dibentuk, tinggal nanti kita lihat perkembangannya,” terangnya.

Eri juga menjelaskan, Dana Desa tahap I atau 20 persen dari pagu Dana Desa yang dianggarkan untuk Desa Banjarsari telah dipergunakan untuk membangun dua titik jalan desa. “Sudah rampung semua. Alhamdulillah berdampak sangat baik untuk kepentingan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, di Desa Sukahurip, Dana Desa tahap I atau 20 persen dari pagu Dana Desanya dipergunakan untuk pembangunan sarana air bersih dan saluran pembuangan air limbah (SPAL).

Kades Sukahurip, Aan Kurniawan mengatakan, fasilitas air bersih tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat. “Satu titik sumber air bersih yang kami bangun sudah digunakan sekitar 60-70 kepala keluarga,” terang Aan.

Dia juga mengatakan, penggunaan Dana Desa tahun 2019 di Desa Sukahurip masih difokuskan untuk pembangunan infrastruktur.

Adapun Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Sukatani, Djoko Wasita Hadi, memastikan, penggunaan Dana Desa tahap I di Desa Banjarsari dan Sukahurip sudah sesuai dengan ketentuan.

“Kami telah turun langsung ke lapangan untuk memonitoring dan mengevaluasi pembangunan yang dianggarkan dari Dana Desa di Desa Banjarsari dan Sukahurip. Alhamdulillah hasilnya sudah baik,” ujar Djoko. (Red)

Redaksi Desapedia