Desapedia

Ikhtiar FITRA Mewujudkan Masyarakat Melek Anggaran Melalui Sekar Desa

Badi'ul Hadi, Manager Riset Seknas FITRA

Jakarta, desapedia.id – Sebagai Organisasi Masyarakat Sipil (OMS), Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas FITRA) terus bekerja memberikan kontribusi dalam menghilangkan perilaku koruptif Kepala Desa dan aparatur perangkat Pemerintah Desa.

Ikhtiar tersebut dilakukan oleh FITRA dalam rangka mendorong praktik akuntabilitas sosial yang dilakukan oleh masyarakat melalui pembentukan Sekolah Anggaran Desa atau Sekar Desa dan Posko Pengaduan dan Aspirasi.

Manajer Riset Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas FITRA),  Badi’ul Hadi mengatakan, Sekar Desa sebagai wahana penyadaran masyarakat agar melek anggaran (literasi anggaran), dimana pemerintah desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan masyarakat duduk bersama belajar dan berdiskusi tentang perencanaan penganggaran desa yang baik.

“Sekar Desa untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan anggaran desa”, ungkapnya.

Menurut Badi’ul, selain Sekar Desa, FITRA juga menyiapkan Posko Pengaduan dan Aspirasi sebagai sarana memberi ruang pada masyarakat untuk memberi kritik, keluhan, masukan dan usulan kepada pemerintah desa dalam melakukan pelayanan kepada masayarakat.

“Posko ini terutama fokus pada perbaikan kualitas pelayanan, efektifitas dan efisiensi penggelolaan anggaran desa terutama dalam mewujudkan kesejahteraan masayarakat”, ujarnya.  (Red)

Redaksi Desapedia