34 C
Jakarta
Selasa, 28 September 2021
BerandaDesaDirjen Dukcapil Minta Kepala Desa Bantu Sosialisasi KTP-el Berlaku...

Dirjen Dukcapil Minta Kepala Desa Bantu Sosialisasi KTP-el Berlaku Seumur Hidup

Rekomendasi

Lainnya

    Jakarta, desapedia.id – Bagi penduduk Indonesia yang sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan sudah habis masa berlakunya tak perlu kuatir.

    Sejak tahun 2013, KTP-el berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun masa aktif atau masa berlakunya telah usai.

    Peringatan ini ditujukan kepada seluruh penduduk Indonesia termasuk lembaga pengguna yang memanfaatkan data kependudukan dalam pelayanan publik kepada masyarakat.

    “Kecuali bagi penduduk yang mengalami perubahan elemen data seperti perubahan alamat, status perkawinan, pendidikan, perubahan nama, gelar, dan lainnya,” demikian kata Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Prof. Zudan Arif Fakrulloh di Jakarta, belum lama ini.

    Kebijakan tersebut menurut Zudan sebenarnya sudah lama berlaku, sejak diterbitkannya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013. Akan tetapi, ada saja masyarakat yang belum mengetahuinya.

    “Selain melalui Undang-Undang, kita juga sudah menerbitkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 470/296/SJ, tanggal 29 Januari 2016, tentang KTP elektronik berlaku seumur hidup,” lanjut Zudan.

    Ditambah Surat Edaran Nomor : 470/327/SJ tertanggal 17 Januari 2014 perihal perubahan kebijakan dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan.

    Sementara itu, Pasal 64 ayat 7 huruf a Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013, mengamanatkan bahwa KTP-el untuk warga Negara Indonesia masa berlakunya seumur hidup.

    “Dalam pasal 101 huruf c Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013, dijelaskan bahwa KTP-el yang sudah diterbitkan sebelum Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 ditetapkan seumur hidup”, lanjut Zudan.

    Dengan demikian, KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya.

    Prof. Zudan yang juga Pengajar Magister Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Indonesia ini meminta kepada para kepala desa untuk terus membantu mensosialisasikan pemberlakuan ktp el ini menjadi seumur hidup. (Red)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    Desa Siaga Corona Covid-19

    Covid-19

    Indonesia
    4,209,403
    Kasus Positif
    Updated on 28 September 2021 - 13:18 WIB 13:18 WIB

    Indeks Berita

    Gus Menteri Minta Dana Desa 2022 Tidak Mengalami Penurunan

    Jakarta, desapedia.id - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meminta jumlah Dana Desa...

    Berita Terkait