Desapedia

Dihadapan Anggota DPD RI, Walikota Sorong: Papua Adalah Masa Depan NKRI

Papua Adalah Masa Depan NKRI
Walikota Sorong, Lambert Jitmau (paling kiri)

Sorong, desapedia.id – Walikota Sorong, Lambert Jimau dihadapan pimpinan dan anggota DPD RI mengungkapkan, bahwa masa depan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ada di Papua. Menurutnya, Papua adalah masa depan NKRI, sekalipun sampai saat ini kesejahteraan dan keadilan warga Papua Barat belum sepenuhnya tercapai.

Lambert menyatakan, kesejahteraan dan keadilan masyarakat di Papua Barat ini dapat tercapai dengan salah satunya adalah melalui pembentukan daerah otonom baru. “Moratorium daerah otonom baru seharusnya tidak berlaku di Papua”, ujarnya.

Lambert mengungkapkan, Pulau Papua yang sangat luas ini hanya memiliki 2 propinsi saja, tidak optimal dalam memberikan pelayanan publik.

“Jakarta jangan gunakan jumlah penduduk yang sedikit sebagai alasan. Kasi kami pemekaran provinsi baru, nanti kami akan bekerja untuk menambahkan jumlah penduduk. Seharusnya pembentukan provinsi baru di Papua itu cukup persetujuan dari MRP saja”, tegas Lambert.

Walikota Sorong ini mengungkapkan hal tersebut pada pertemuan dan dialog dengan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) pada Kamis (17/10/19) lalu.

Delegasi DPD RI dipimpin oleh Wakil Ketua I DPD RI, Nono Sampono, Wakil Ketua Komite I DPD RI, Jafar Alkatiri (Sulawesi Utara) dan beberapa anggota diantaranya Husein Alting Sjah (Maluku Utara), Namto Hui Roba (Maluku Utara), Filep Wamafma (Papua Barat) dan Mamberob Yosephus Rumakiek (Papua Barat). (Red)

Redaksi Desapedia