Desapedia

Deteksi Kanker Serviks, Puskesmas Setu II Selenggarakan Tes IVA Gratis

Bekasi, desapedia.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Setu II menggelar kegiatan gebyar tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) secara gratis untuk para pegawainya dan para kader Posyandu, di gedung Puskesmas Setu II, Desa Taman Rahayu, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Sabtu (30/11/2019).

Tes IVA merupakan salah satu cara untuk mendeteksi dini penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim yang kerap kali menyerang wanita.

Menurut Kepala Puskesmas Setu II, Isniyati Machmud, SKM., kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 yang jatuh pada 12 november 2019 lalu.

“Kegiatan tes IVA ini diikuti sekitar 30 orang dari pegawai kami dan ibu-ibu kader Posyandu yang ada di wilayah kerja kami,” terang Isniyati seusai kegiatan.

Sebagai informasi, wilayah kerja UPT Puskesmas Setu II diantaranya Desa Taman Rahayu, Taman Sari, Ragemanunggal, Muktijaya, Kertarahayu, dan Cikarageman.

Dia menjelaskan, kegiatan tes IVA ini baru pertama kalinya dilaksanakan. “Sebelumnya kami tidak memiliki tenaga profesional untuk itu (tes IVA), dan baru sekitar dua minggu lalu, tiga petugas kami mendapatkan pelatihannya,” terang Isni.

Dengan tes IVA, lanjut dia, masyarakat dapat mengetahui secara dini penyakit kanker serviks. “Biasanya mereka berobat ketika sudah dalam keadaan stadium tiga ke atas. Ini hal yang salah,” ucap Isni.

Karena itu, sesuai dengan pepatah ‘mencegah lebih baik dari mengobati’, Isni menganjurkan masyarakat dapat mendeteksi kanker serviks melalui tes IVA. “Susah mengobati kalau sudah kondisi stadium tinggi,” pungkas Isni. (Nur Pulo)

Redaksi Desapedia

Tambahkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.