Desapedia

Desapedia.id Jadi Corong Pemberitaan Kegiatan Satgas Dana Desa

Founder dan CEO Desapedia.id, Iwan Sulaiman Soelasno (kiri) bersama Ketua Satgas Dana Desa, Bibit Samad Rianto. (desapedia.id)

Jakarta, desapedia.id – Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pemerintah Pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) telah mengucurkan Dana Desa untuk seluruh desa di Indonesia.

Sebagai catatan, Dana Desa pada tahun 2015 mencapai Rp20,67 triliun. Lalu, tahun 2016 sebesar Rp46,98 triliun. Kemudian di tahun 2017 dan 2018 naik menjadi Rp60 triliun. Dan di tahun 2019, kembali naik menjadi Rp70 triliun. Dengan demikian, total Dana Desa yang disalurkan dalam lima tahun berjalan sebesar Rp257 triliun.

Untuk meningkatkan efektivitas penggunaan Dana Desa, Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) pada Juli 2017 telah membentuk Satgas Dana Desa. Lebih tegasnya, Satgas ini bertugas untuk mempercepat dan menjaga ketepatan penyaluran, penggunaan, serta pengelolaan Dana Desa.

Dalam mendukung kinerja Satgas Dana Desa tersebut, desapedia.id yang merupakan media online nasional dengan segmen spesifik di bidang pengetahuan dan informasi tentang desa, telah bekerjasama menjadi corong pemberitaan dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Satgas Dana Desa.

Karena itu, desapedia.id kini telah menyediakan Rubrik/Kanal “Satgas Dana Desa”. Rubrik ini akan mempublikasikan semua kegiatan Satgas Dana Desa.

Selain itu, dengan rubrik ini, aparatur pemerintahan desa dan masyarakat desa dapat menyampaikan pertanyaan ataupun keluhan tentang Dana Desa. Nantinya, Satgas Dana Desa melalui desapedia.id akan mencoba menjawab semua pertanyaan tersebut.

Caranya, cukup dengan menuliskan pertanyaan secara rinci dan kirimkan ke email: redaksi@desapedia.id. (Red)

Redaksi Desapedia

Tambahkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.