Desapedia

Desa dan Kelurahan Berprestasi Bakal Dapat Apresiasi dari Kemendagri

Eko Prasetyanto, Direktur Evaluasi Perkembangan Desa, Kemendagri (kanan), Bahtiar, Kapuspen Kemendagri (kiri)- (Kemendagri).

Jakarta, desapedia.id – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan memberikan apresiasi kepada desa dan kelurahan yang berprestasi. Pemberian apresiasi tersebut akan dilakukan pada rangkaian acara Temu Karya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX, serta Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) 2018, di areal Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, 19 hingga 21 Oktober 2018.

“Salah satu rangkaian acara pekan inovasi perkembangan desa dan kelurahan tahun 2018 adalah pemberian apresiasi kepada desa dan kelurahan berprestasi. Direncanakan Presiden Jokowi akan memberikan secara langsung penghargaan tersebut,” kata Eko Prasetyanto, Direktur Evaluasi Perkembangan Desa, Kemendagri, seperti dikutip desapedia.id dari laman resmi Kemendagri, di Jakarta, Rabu (17/10/2018).

Eko menjelaskan, pemberian apresiasi untuk desa dan kelurahan berprestasi tersebut berdasarkan beberapa kriteria. Kriteria ini tercantum dalam pasal 6 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 yang membagi kriteria penilaian menjadi 3, yaitu pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

Dia menambahkan, penilaian yang dilakukan telah melalui penyaringan bertahap sejak tingkat kecamatan pada bulan Januari sampai dengan tingkat provinsi pada bulan Juli 2018.

“Penyaringan telah dilalui oleh desa dan kelurahan terpilih sejak tingkat kecamatan pada bulan Januari. Diharapkan akan muncul juara-juara baru untuk menjadi contoh desa dan kelurahan berprestasi berikutnya,” jelas Eko.

Sementara itu, Bahtiar, Kapuspen Kemendagri menambahkan, pemberian apresiasi ini merupakan wujud komitmen pemerintah untuk mempercepat proses kemajuan desa dan kelurahan.

“Selain sebagai wujud komitmen pemerintah, nantinya desa dan kelurahan berprestasi akan berlomba menjadi yang terbaik sehingga muncul ide-ide inovatif lainnya yang sangat berguna dan dapat di replikasi di desa dan kelurahan di seluruh Indonesia,” tutup Bahtiar.

Sebagai informasi, kegiatan Temu Karya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX, serta Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) 2018, merupakan kegiatan Kemendagri melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Pemdes) yang bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). (Red)

Redaksi Desapedia