Desapedia

Cara Unik Kades Jetis Merekrut Calon Perangkat Desa

Desa Jetis, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Kepala Desa Jetis, Mulyatno (kiri) bersama Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo (kanan)

Proses pemilihan perangkat desa (pilperades) di Desa Jetis yang terletak di Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah sangat menarik.

Dalam pilperades tersebut, ada kegiatan yang diberi nama Orientasi Pengenalan Desa atau Osped. Kegiatan Osped ini wajib diikuti oleh seluruh calon perangkat Desa Jetis.

“Program ini dimaksudkan untuk memberikan pengenalan diri kepada wilayah dan masyarakat Desa Jetis,” terang Mulyatno, Kepala Desa Jetis kepada desapedia.id, Jum’at (27/4/2018).

Dia menjelaskan, kegiatan Osped Desa Jetis yang belum lama ini digelar, diikuti oleh 25 orang calon perangkat desa untuk 3 formasi lowongan. Diantaranya, posisi sekretaris desa (sekdes) sebanyak 12 calon, kepala urusan (kaur) Keuangan sebanyak 10 calon, kepala seksi (kasie) pelayanan dan kesejahteraan rakyat sebanyak 3 calon. “Dalam proses Osped itu, mereka masing-masing menyumbang 5 batang pohon pucuk merah,” ucapnya.

Selanjutnya, para calon perangkat desa ini berkeliling Desa Jetis dengan menggunakan sepeda ontel. Lalu, mereka bersilaturahmi sambil menyerahkan 10 batang pucuk merah ke 10 RW yang ada di Desa Jetis. 10 batang lainnya di tanam di seputar traffic light Desa Jetis. Sedangkan 15 batang lainnya ditanam di Taman Desa Jetis yang telah menjadi icon Desa Jetis dalam dua tahun terakhir ini.

Inovasi Mulyatno bukan kali ini saja. Dua tahun lalu Mulyatno juga gigih memperjuangkan adanya Taman Desa Jetis yang kini sudah menjadi icon Desa Jetis dan bermanfaat bagi warga Desa.

Kini, Mulyatno sedang mendorong kegiatan yang mampu melahirkan wirausaha baru di desanya. “Saya berkewajiban perkuat perangkat desa saya dan warga desa saya,” tutup Mulyatno yang juga pimpinan Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Kabupaten Klaten. (red)

Redaksi Desapedia