Desapedia

Bupati Penajam Paser Utara Optimis Pemindahan Ibu Kota Dapat Mengentaskan Desa-desa Tertinggal

Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud. (wikipedia)

Jakarta, desapedia.id – Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengumumkan ibu kota negara akan pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Rencana pemindahan ibu kota ini disambut baik oleh Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas’ud. “Apa yang ditetapkan Pak Jokowi menjadi tinta emas bagi bangsa ini,” ungkap Gafur saat dihubungi desapedia.id, di Jakarta, baru-baru ini.

Pasalnya, lanjut Gafur, dengan pemindahan ibu kota ke Provinsi Kaltim, dirinya yakin Indonesia akan menjadi negara yang sangat berdaulat di maritim dan akan menjadi poros maritim dunia.

Selain itu, pemindahan ibu kota juga akan berdampak positif bagi desa-desa di Kaltim dan wilayah Indonesia timur lainnya.

“Selama ini desa-desa di Kaltim dan juga yang ada di wilayah Indonesia Timur seperti dianaktirikan alias tertinggal. Dengan pemindahan ibu kota, saya yakin dan percaya bahwa desa-desa ini akan maju. Hal tersebut sesuai dengan Nawacita Bapak Presiden yaitu melahirkan SDM yang unggul dan membawa kemajuan buat bangsa ini,” kata Gafur.

Selama ini, lanjutnya, permasalahan mendasar yang dihadapi desa-desa di Kabupaten Penajam Paser Utara yaitu soal infrastruktur dan fasilitas umum, seperti kesehatan maupun pendidikan.

“Permasalahan itu akan terpecahkan dengan pemindahan ibu kota, dan ini akan menjadi solusi yang baik bagi desa-desa. Tentunya bukan hanya di kaltim, tapi di seluruh bagian Indonesia yang tertinggal,” tutup Gafur. (Red)

Redaksi Desapedia