Desapedia

BNPB Perkuat Desa Tanggap Bencana Melalui Ekspedisi Destana Tsunami

Pelepasan Rombongan Ekspedisi Destana Tsunami. (Dok. Humas BNPB)

Banyuwangi, desapedia.id – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, melepas rombongan Ekspedisi Destana Tsunami (EDT) segmen pertama dari kawasan Pantai Boom, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (13/7). Pelepasan rombongan tersebut ditandai dengan pengangkatan bendera pada pukul 07.40 WIB.

“Dengan mengucap Bismillah, rombongan Destana Tsunami 2019 resmi saya lepas. Semoga selamat sampai ke masing-masing tujuan dan apa yang akan kita lakukan demi misi kemanusiaan dapat berjalan dengan lancar,” ucap Doni dalam keterangan tertulis, Minggu (14/7/2019)

Doni melepas 13 Mobil rombongan yang mengangkut para relawan tangguh bencana. Ke-13 mobil tersebut menyebar ke beberapa desa yang telah ditentukan untuk mendapatkan sosialisasi dan edukasi bencana di Kabupaten Banyuwangi.

Sosialisasi tersebut berbeda di tiap desa. Mulai dari pembacaan dongeng di sekolah, mitigasi praktis, edukasi bencana di pasar, tempat usaha hingga napak tilas peristiwa-peristiwa bencana yang pernah terjadi di wilayah tersebut.

Kegiatan EDT Tsunami 2019 menjadi langkah dan upaya serta komitmen BNPB dalam rangka menanggulangi bencana dengan berkeliling ke 584 desa di 24 kota/kabupaten 5 provinsi yang rawan terhadap ancaman tsunami di sepanjang pesisir selatan Pulau Jawa.

Ekspedisi ini melibatkan lima pihak yang meliputi pemerintah, akademisi, masyarakat, dunia usaha dan media massa. Tahun 2019 ini Ekspedisi Destana Tsunami dilaksanakan pada tanggal 12 Juli sampai dengan 17 Agustus 2019. (Red)

Redaksi Desapedia