Desapedia

Begini Gambaran Kondisi Sumber Daya Manusia Perdesaan

Ahmad Erani Yustika (desapedia.id)

 

Jakarta, desapedia.id – Pada periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini, Pemerintah telah menetapkan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai tema utama dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020.

Presiden Jokowi pernah mengatakan, Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas merupakan modal penting memasuki era ekonomi digital.

Fokus pemerintah pada peningkatan kualitas SDM harus berdampak pula pada peningkatan kualitas SDM perdesaan yang kondisinya saat ini masih memperihatinkan.

Dikutip dari makalah yang dipaparkan oleh Guru Besar Ilmu Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ahmad Erani Yustika saat pemaparan dengan Komite I DPD RI, akhir Oktober lalu, penyerapan tenaga kerja di desa dalam 10 tahun terakhir mengalami penurunan, pada tahun 2018 saja penyerapan tenaga kerja di desa hanya 58 juta.

Prof. Erani menjelaskan, bahwa tingkat pendidikan tenaga kerja desa didominasi oleh lulusan SD sebanyak 61,8%. Yang lebih memprihatinkan lagi, lanjut Prof. Erani, ada 7,4 persen tenaga kerja di desa yang tidak bersekolah.

Prof. Erani menambahkan, kondisi tersebut termasuk di dalamnya adalah kualitas SDM perangkat desa yang masih rendah.   (Red)

 

 

 

Redaksi Desapedia

Tambahkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.