Desapedia

Apdesi Berharap Dana Banprov Jabar Dapat Tingkatkan Kualitas SDM Aparatur Desa

Ketua DPD Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Jawa Barat, Warson Mawardie. (Dok)

Bandung, desapedia.id – Ketua DPD Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Jawa Barat, Warson Mawardie, menyambut baik rencana kenaikan dana bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Jabar untuk desa.

“Saya setuju bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat ini naik,” kata Warson kepada Desapedia.id, Selasa (23/7/2019).

Dia juga berharap dana yang dikenal dengan istilah bantuan provinsi (Banprov) ini dapat dipergunakan untuk untuk peningkatan SDM aparatur pemerintah desa. “Kualitas aparatur pemerintah desa memang harus ditingkatkan,” ucapnya.

Karena itu, Warson meminta ketegasan dan kepastian dari Pemprov Jabar bahwa anggaran tersebut diperuntukkan untuk peningkatan kualitas SDM kepala desa dan perangkatnya.

“Kami juga minta dana ini disisihkan untuk memperkuat pembinaan dan pengawasan, sehingga dana ini bisa habis terserap untuk kegiatan dan aman tanpa ada masalah hukum dikemudian hari,” pungkas Warson yang saat ini terpilih sebagai Anggota DPRD Kabupaten Sumedang untuk periode 2019‚Äď2024 ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jabar Dedi Sopandi mengatakan bahwa bantuan keuangan bagi 5.312 desa di Jabar mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Tahun 2018 yaitu Rp 115 juta, tahun 2019 Rp 127 juta. Untuk tahun 2020 bantuan keuangan desa ini naik menjadi Rp 200 juta,” kata Dedi. (Red)

Redaksi Desapedia