Desapedia

Almisbat Apresiasi Mendagri Respon Cepat Tangani Desa Terdampak Tsunami

Ilustrasi Tsunami di Selat Sunda (Ist)

Jakarta, desapedia.id – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan memberikan bantuan Rp50 juta untuk setiap desa yang terdampak bencana tsunami Selat Sunda dan menyiapkan sejumlah posko di lokasi terdampak tsunami dan banjir di Banten.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menegaskan agar pemerintahan desa tetap bejalan, minimal bagi desa-desa yang rusak. Kemendagri juga akan menyiapkan bantuan Rp50 juta untuk segera dibentuk poskonya, yaitu posko desa. Keberadaan posko desa bisa dirumah perangkat desa atau bisa juga membangun tenda.

Ketua Hubungan Kerjasama Antarlembaga Badan Pengurus Nasional Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (BPN Almisbat), Iwan Sulaiman Soelasno memberi apresiasi yang tinggi terhadap respon cepat Mendagri menangani desa-desa yang terdampak tsunami Selat Sunda di Provinsi Banten.

“Respon cepat Mendagri ini memastikan bahwa negara hadir dalam penanganan pasca bencana tsunami Selat Sunda,” ujarnya.

Iwan menambahkan, langkah selanjutnya Kemendagri adalah segera memfasilitasi perubahan APBDes dan rencana penggunaan Dana Desa 2019 bagi desa-desa yang terdampak tsunami agar disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat desa pasca bencana tsunami.

“APBDes dan Dana Desa 2019 bisa untuk mempercepat pemulihan pasca bencana dan mengakomodir kebutuhan masyarakat, tetapi harus diubah dulu,” lanjut Iwan. (Red)

Redaksi Desapedia